Tips Kirim Lamaran Kerja Via Email

tips kirim lamaran via email

Ohallo sobat – sobat semua, kembali lagi bersama admin. Kali ini admin akan mencoba menjelaskan kepada sobat – sobat semua mengenai tips kirim lamaran kerja via email. Hmmmm sobat – sobat pasti kebanyakan kirim lamaran tidak sesuai dengan ketentuan cara kirim lamaran, dan hasilnya tidak kunjung datnga panggilan dari HRD. oleh karena itu mimin akan memberikan sedikit penjelasan agar sobat – sobat mudah kirim lamarannya.

#1 Perhatikan Ukuran file

Pastikan berkas yang sobat kirim, tidak lebih dari 1MB / 2 MB, tergantung dengan kebijakan perusahaan. Segera cek petunjuk syarat lokernya jika tidak ada petunjjuk, biasanya email perusahaan maksimal terbata 1 MB untuk sekali berkas yang masuk. Ingat, perusahaan atau lembaga menerima banyak sekali lamaran, jangan sampai lamaran sudah terkena blacklist padahal belum terbaca oleh HRD sama sekali. Sayangkan sia – sia jadinya.

#2 Subjek email Yang sesuai

Biasanya pada syarat loker perusahaan, terdapat perintah untuk menuliskan subjek email sesuai dengan permintaan perusahaan, contohnya SUBJEK : (Posisi Yang Dilamar). Sobat – sobat bisa menuliskan sesuai dengan petunjuk yang perusahaan arahkan , jangan sampai kolom subjek tidak terisi, karena bisa beresiko masuk SPAM. Jika tidak ada perintah dalam penulisan subjek, sobat tetap wjib untuk menuliskan subjek tersebut dengan posisi yang sobat lamar.
Contoh Subjek : Lamar – Admin Sosial Media

#3 Alamat Email Jangan Buat Aneh

Gunakan alamat email yang baik dan jangan menggunakan nama yang nyeleneh. Meski mungkin ingin menunjukkan jati diri, belum tentu pihak penerima memahami maksud si pengirim. Apalagi jika digunakan untuk email komunikasu resmi seperti melamar pekerjaan.
Contoh alamat yang nyeleneh :
n44nd4spp@gmail.com, MapalaM30t@gmail.com, dl.l.
Selain beresiko masuk spam, juga bisa memberikan penilaian negatif kepada sobat ya. Karena sobat sedang melamar pekerjaan, dan wajib untuk profesioanal.

#4 Selalu Isi Body email

Minimal teman – teman bisa menuliskan kalimat pembuka pesan pada body email yang akan sobat gunakan untuk melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut. Tambahkan kalimat ini pada body email sobat : Besar harapan,bpk/ibu mau membalas pesan ini, agar saya mengetahui bahwa lamaran yang saya kirim sudah terbaca.
Kalimat tersebut sudah sering admin gunakan, agar email mengetahui bahwa sobat sering malakukan komunikasi aktif melalui email, dan harapannya jika sobat nanti mengirimkan ke email itu lagi, email sobat pasti akan masuk ke kotak masuk email, bukan spam, promosi maupun sosial.

#5 Perhatikan File Berkas Sobat

Hindari menggunakan attachment dalam Format aneh seperti .exe, .scr, .pps dan lain – lain karena biasanya akan banyak virus yang menumpang. Mail server yang baik otomatis akan memblokir atau mereject email dengan attachment tersebut. Hindari menggunakan attachment gambar dalam format .bmp. Ukurannya besar sekali (rata-rata 3MB). Sebaiknya gunakan .jpg, atau .png.

Penting!!!!

Untuk rekomendasi berkas file lamaran, sobat bisa melampirkan berkas lampiran dalam 1 file pdf, ukurannya 1 – 2 MB. Atau bisa juga sesuai dengan petunjjuk dan kebijakan dari perusahaan. Berkas jangan pisa, karena bisa mempersulit HRD saat mendownload file tersebut, dan hal itu juga beresiko email sobat bisa masuk SPAM akibat terlalu banyak lampiran yang sobat kirimkan.

Satu lagi, hindari attachment dalam format yang tidak umum, apalagi jika ada password pula. Sebagian anti spam memblok email zip/rar/pdf berpassword. Format pdf cukup standard, tampilan tidak berubah, namun sebaiknya untuk tetap jangan ada password.

Nah gimana sudah pada paham kan mengenai pembahasan kita yang berjudul tips kirim lamaran kerja via email ? sudah dong pastinya. Oleh karena itu, bantu admin untuk tetap menyebarluaskan lagi postingan ini kebanyak sobat – sobat lainnya agar mereka juga mengetahui akan manfaat dari postingan ini. Sekian dulu ya semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*