Teknik Negosiasi Gaji Yang Tepat

teknik nego gaji

hallo sobat Solpahworld semua, berjumpa lagi dengan admin. kali ini admin akan mencoba membahas sedikit tentang judul ya, yaitu Teknik Negosiasi Gaji Yang Tepat. bagaimana sih caranya..?. Kalau mau minta naik gaji sama bos kalian, jangan langsung to the point ya, gaji kalian bisa naik kok, bahkan bos kalian bisa senang. Sekali lagi bagaiman caranya ? nah terus baca postingan ini sampai habis ya.

DISCLAIMER

Disclaimer artinya penolakan, teknik negosiasi ini umumnya berhasil meningkatkan potensi keberhasilan ketika perusahaan dalam situasi Normal, artinya keuangan perusahaan masih terpertahankan, situasi perusahaan masih aman, damai dan tentram. tentunya akan lebih sulit untuk mempraktekkan ketika perusahaan dalam keadaan atau situasi keuangan yang sulit, apalagi sedang berada pada ambang kebangkrutan. Sudahlah, Auto dapat penolakan.

Christopher Voss pernah mengajarkan teknik dalam negosiasi, yang kebetulan beliau adalah seorang agen FBI dan ahli dalam negosiasi dalam sandera kejahatan.

Prinsip 1 Jangan Minta Naik Gaji, tetapi Mintalah Kenaikan Tanggungjawab

Kebanyakan teman – teman ketika nego gaji adalah bicara tentang kebutuhan mereka sendiri, tanpa memikirkan dari sisi kecamata perusahaan. Mulailah pembicaraan bukan dengan Meminta, namun mualilah pembeicaraan dengan Memberi. Misalnya:

“Bos apa proyek strategis perusahaan kita yang bisa saya bantu kelola ?”

“Bos, apa tantangan tersulit dari perusahaan ini? coba bos ceritakan sama saya, barangkali saya bisa bantu carikan solusinya”

BACA JUGA : TIPS SUPAYA GAK GAGAL NEGO GAJI

Prinsip 2 Jangan Bicara Masa Lalu, tetapi Masa Depan

.Kebanyakan teman – teman karyawan (cerita HRD/kawan) minta gaji karena performa masa lalu mereka atau masa bakti kerja mereka yang sudah lama. Tidak ada salahnya menambahkan hal tersebut, tapi akan jauh lebih efektif untuk bicara soal masa depan perusahaan, apa rencana perusahaan selanjutnya, apa strategi perusahaan berikutnya dll.

“Bos saya ada ide nih, saya yakin perusahaan bisa untung besar dan saya bersedia bantu kawal ide ini. Saya cuman butuh tim dan budget dikit doang kok! ini rancangan ide saya…(sebutkan rancangan kalian masing – masing ya) “.

Nah kalau bos kalian sudah merasa tertarik dengan idenya dan hasil dari pengerjaan ini bisa memberikan profit yang besar, yakindeh, bos kalian tidak akan mikir panjang kalau minta naik gaji untuk mengawal keberhasilan proyek ini.

Prinsip 3 Give..Give…Give.. Then Ask

Artinya Berikan…Berikan…Berikan barulah meminta. Jangan langsung minta naik gaji pada awal pembicaraan. Mulailah pembicaraan dengan segala hal yang bisa kalian berikan untuk perusahaan atau untuk dapat mempermudah kerjaan bos kalian. Bahkan idealnya isi pembeicaraan 80% berisi tentang “Bagaimana dia bisa membuat si bos kerja lebih santai tapi dapat uang yang lebih banyak”. Setelah bos kalian melihat itikad baik untuk memberi, baru deh kalian minta penyesuaian gaji yang pantas.

Prinsip 4 Mintalah Nasehat Karir dari Bos

Bos itu paling suka kalau ada karyawan yang meminta nasehat. Apalagi kalau bos kalian yang tipikalnya suka berbagi pengalaman. Jangn langsung minta naik gaji, tapi tanyakan kepadanya tips agar karir kita bisa menanjak. Lama – lama tanpa sadar bos kalian akan membocorkan requirement yang kalian butuhkan supaya naik gaji. “Oh si bos ternyata minta ada skill upgrade bisa ngoding, oh ternyata si bos igin karyawan yang lancar bahas inggris dll “.

Nah gimana sudah paham kan masalah Teknik Teknik Negosiasi Yang Tepat ? sudah dong pastinya. Karena sobat – sobat semua sudah pada paham, yuk bantu admin sebarin lebih banyak lagi ke media sosial sobat sekalian. Agar teman – teman yang lainnya pada tau juga akan manfaat dari postingan ini. Sekian dulu ya semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 Comments

    Rifki

    Bermanfaat bgt.. Sukses

      Solihin Azzalfa

      makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*