Pengertian Normalisasi dan Naturalisasi Sungai

pengertian normalisasi dan naturalisasi sungai

Ohallo sobat – sobat solpahworld semua, jumpa lagi bersama admin tentunya. Kali ini admin akan memberikan sedikit penjelasan mengenai judul kita yaitu pengertian normalisasi dan naturalisasi sungai. Nah untuk lebih jelasnya yuk simak sampai habis.

Banjir bukanlah bencana yang asing kita dengar. berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah bajir. Ada dua teknik yang akan kita bahas, yaitu naturalisasi sungai dan normalisasi sungai.

Apa itu normalisasi sungai…?

Normalisasi sungai merupakan sebuah upaya mengembalikan fungsi sungai seperti semula dengan membeton pinggiran sungai dan menjadikan lokasi pinggiran sungai sebagai lokasi pemukiman. Tujuannya adalah untuk merapikan bentuk sungai, memperlebar kembali badan sungai, serta mengeruk kedalamn sungai agar kapasitas daya tampung dan debit arus dungai menjadi lebih ideal.

Apa itu naturalisasi sungai…?

Naturalisasi sungai adalah pemulihan fungsi sungai dengan cara alamiah. Penerapan teknik ini dilakukan dengan menghijaukan kembali pinggiran sungai dengan menanaminya pohon – pohon, seperti misalnya pohon bakau. Hal ini bertujuan agar air pada permukaan tanah dapat terserap ke dalam tanah sehingga tidak terjadi limpasan permukan (Run off).

Banyak pro dan kontra terhadap kedua cara ini. Ada yang mengatakan bahwa normalisasi sungai bisa memperburuk keadaan sungai karena pembangunan betonnya, dan adapula yang menyebutkan bahwa naturalisasi sungai tidak sebanding dengan kebutuhan penanggulangan karena prosesnya yang tergolong lambat.

Jadi, manakah yang lebih baik…?

Daripada memperdebatkan mana yang paling baik antar naturalisasi dan normalisasi sungai, memadukan kedua teknik tersebut juga bisamenjadi opsi terbaik. Dengan menggabungkan kedua teknik ini, akan bisa menanggukangi banjir dan efek samping terhadap alam juga dapat terkurangi. Berikut ini adalah beberapa negara yang menerapkan naturasilasi dan normalisasi sungai :

Singapura

Pemerintah Singapura menerapkan naturalisasi pada sungai Kallang pada tahun 2006. Awalnya kanal sungai Kallang menerapkan konsep normalisasi yang mana pada sepanjang kanal debeton untuk pencegahan banjir.

Jerman

Melalui Isar Planning yang dicetuskan oleh pemerintah Jerman, tanggunl pada tepian sungai Isar dibuat dan dilakukan penghijauan daerah sungai tersebut. Dasar sungai seperti kanal telah diubah menjadi dasar sungai dengan lebar bervariasi dengan tepian kerikil dan pulau batu kerikil.

Nah gimana sudah pada pahamkan pembahasan kita mengenai pengertian normalisasi dan naturalisasi sungai? sudah dong pastinya. Oleh karena itu, yuk bantu admin menyebarluaskan postingan ini ke banyak sobat – sobat lainnya, agar mereka juga dapat informasi yang bermanfaat ini. Sekian dulu ya semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*