Pengertian Konservasi Dan Jenis Jenis Konservasi

Pengertian konservasi dan jenis jenis

Hallo sobat – sobat Solpahworld semua, kembali lagi bersama admin tentunya. Kali ini admin akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai apasih pengertian konservasi dan jenis – jenis konservasi itu. Oleh karena itu, teman – teman harus wajib baca dari awal paragraf sampai akhir ya.

Apa itu Konservasi….?

Konservasi berasal dari bahasa inggris, yaitu “Consevations”, yang artinya adalah perlindungan dan pelestarian. Oleh karena itu Konservasi adalah pelestarian dan perlindungan jangka panjang terhadap lingkungan, memastikan bahwa habit alami suatu area dapat bertahan, dan keanekaragaman genetik dari suatu spesies dapat tetap ada dengan mempertahankan lingkungan alaminya.

Konservasi sumberdaya alam adalah pemanfaatan sumberdaya alam yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya. Konservasi juga merupakan upaya manusia dalam melestarikan dan melindungi alam.

Jenis – jenis Konservasi

Ada dua jenis konservasi yang umum adalah konservasi tanah dan konservasi air. Kedua konservasi ini memiliki tujuan masing – masing. Melakukan konservasi tanah dan air bertujuan untuk :

  • Melindungi permukaan tanah dari pukulan air hujan yang jatuh, meningkatkan kapasitas infiltrasi tanah, dan mencegah terjadinya limpasan aliran permukaan.
  • Menjamin fungsi tanah pada lahan agar mendukung kehidupan masyarakat.
  • Mengoftimalkan fungsi tanah pada lahan untuk mewujudkan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan hidup secara seimbang dan lestari.
  • Meningktakan daya dukung Daerah Aliran Sungai (DAS).
  • Meningkatkan kemampuan kapasitas untuk mengembangkan dan memberdayakan keikutsertaan masyarakat secara partisipatif.

Apa itu konservasi tanah…?

Pengertian konservasi dan jenis jenis konservasi

Konservasi tanah merupakan sebuah penempatan setiap bidang tanah pada cara penggunaan lahan yang sesuai dengan kemampuan tanah tersebut dan memperlakukannya sesuai dengan syarat – syarat tertentu agar tidak terjadi kerusakan tanah. Tujuan konservasi tanah adalah sebagai berikut :

  • Melindungi fungsi tanah dari kerusakan akibat dari faktor alami dan campur tanangan manusia.
  • Memperbaiki fungsi tanah yang telah mengalami kerusakan akibat dari faktor alami dan campur tangan manusia.
  • Memelihara sekaligus meningkatkan kemampuan tanah agar dapat berfungsi dan berguna secara lestasi.

Apa itu konservasi air….?

Pengertian konservasi dan jenis jenis konservasi

Konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan air yang jatuh ke tanah seefisien mungkin dan pengaturan waktu aliran yang tepat, sehingga tidak terjadi banjir yang merusak pada musim hujan dan terdapat cukup air pada musim kemarau. konservasi sumberdaya air adalah upaya memelihara keberadaan serta berkelanjutan, keadaan sifat dan fungsi
sumberdaya air, agar senantiasa tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan makhluk, baik dalam waktu sekarang maupun yang akan datang. Fungsinya adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan pemanfaatan dua komponen hidrologi, yaitu air permukaan dan air tanah.
  • Untuk meningkatkan efisiensi pemakaian air irogasi.

Nah gimana sudah pada pahamkan apa itu pengertian konservasi dan jenis – jenis konservasi..? Sudah donk. Oleh karena itu, yuk bantu admin untuk menyebarluaskan postingan ini ke banyak sobat – sobat lainnya, agar mereka juga mengetahui manfaat dari postingan ini. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*