Hallo sobat – sobat Solpahworld semua, kembali lagi dengan admin. Kali ini admin akan memberikan sedikit penjelasan mengenai bagaimana dan seperti apasih tips menuliskan sertifikat pada CV. Hmmm kira- kira seperti apa ya, masih banyak sih sobat -sobat semua ketika mencantumkan sertifikat mengalami kesalahan, yang ujung – ujungnya nanti gagal deh penyaringan kerja. Seperti contoh ini:

tips tulis sertifikat

Kesalahan pelamar

Banyak pelamar hanya fokus menuliskan nama sertifikatnya. Padahal sebetulnya, cara tersebut justru salah. Sertifikat boleh banget dilampirkan, akan tetapi, sobat – sobat harus fokus menuliskan sebuah acara, seperti seminar, atau pelatihan yang sobat ikuti. Kemudian, sobat bisa melampirkan sertifikatnya. Jadi sebenarnya yang harus sobat tuliskan adalah nama seminar, workshop, atau pelatihan yang sobat ikuti. Sertifikat cukup sobat lampirkan sebagai bukti bahwa sobat mengikuti kegiatan tersebut.

Contoh #1

PENGALAMAN SEMINAR
Peserta 2020
UNIVERSITAS SYIAH KUALA => penyelenggara
Seminar bisnis di usia dengan omset tembus 50 juta perbulan.
Tulis nama kegiatannya, ” Lampirkan sertifikat sebagai bukti bahwa sobat mengikuti kegiatan tersebut”.

Panitia 2019
UNIVERSITAS SYIAH KUALA => penyelenggara
Panitia dalam seminar sosialisasi UMKM dalam menghadapi era digital => nama / tema seminar yang sobat ikuti.

Contoh #2

PENGALAMAN PELATIHAN KERJA
Peserta 2020
DINAS TENAGA KERJA MEDAN
Pelatihan membuat aplikasi jual beli online
Tulis nama kegiatannya, ” Lampirkan sertifikat sebagai bukti bahwa sobat mengikuti kegiatan tersebut”.

Panitia 2019
ACADEMY DIGITAL => Penyelenggara
Panitia dalam kegiatan pelatihan membuat website untuk profil perusahaan.=> nama / tema seminar yang sobat ikuti.

Gimana sudah pahamkan tips menuliskan sertifikat pada CV gimana? udah dong pastinya. Mulai sekarang gak usah lagi tulis nama sertifikatnya ya, bisa langsung tuliskan kegiatan yang sobat ikuti, kemudian lampirkan sertifikat sebagai buktinya.

Dan juga, jika materi postingan ini bermanfaat jangan lupa untuk menyebarluaskan postingan ini ya, supaya sobat – sobat lainnya juga memperoleh info yang penuh manfaat ini. Semoga materi ini dapat menjadi tambahan informasi bagi sobat – sobat semua. Sekian dulu ya dan terima kasih.

Hallo sobat – sobat Solpahworld semua, kembali lagi bersama admin tentunya. Kali ini admin akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai apasih pengertian konservasi dan jenis – jenis konservasi itu. Oleh karena itu, teman – teman harus wajib baca dari awal paragraf sampai akhir ya.

Apa itu Konservasi….?

Konservasi berasal dari bahasa inggris, yaitu “Consevations”, yang artinya adalah perlindungan dan pelestarian. Oleh karena itu Konservasi adalah pelestarian dan perlindungan jangka panjang terhadap lingkungan, memastikan bahwa habit alami suatu area dapat bertahan, dan keanekaragaman genetik dari suatu spesies dapat tetap ada dengan mempertahankan lingkungan alaminya.

Konservasi sumberdaya alam adalah pemanfaatan sumberdaya alam yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya. Konservasi juga merupakan upaya manusia dalam melestarikan dan melindungi alam.

Jenis – jenis Konservasi

Ada dua jenis konservasi yang umum adalah konservasi tanah dan konservasi air. Kedua konservasi ini memiliki tujuan masing – masing. Melakukan konservasi tanah dan air bertujuan untuk :

  • Melindungi permukaan tanah dari pukulan air hujan yang jatuh, meningkatkan kapasitas infiltrasi tanah, dan mencegah terjadinya limpasan aliran permukaan.
  • Menjamin fungsi tanah pada lahan agar mendukung kehidupan masyarakat.
  • Mengoftimalkan fungsi tanah pada lahan untuk mewujudkan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan hidup secara seimbang dan lestari.
  • Meningktakan daya dukung Daerah Aliran Sungai (DAS).
  • Meningkatkan kemampuan kapasitas untuk mengembangkan dan memberdayakan keikutsertaan masyarakat secara partisipatif.

Apa itu konservasi tanah…?

Pengertian konservasi dan jenis jenis konservasi

Konservasi tanah merupakan sebuah penempatan setiap bidang tanah pada cara penggunaan lahan yang sesuai dengan kemampuan tanah tersebut dan memperlakukannya sesuai dengan syarat – syarat tertentu agar tidak terjadi kerusakan tanah. Tujuan konservasi tanah adalah sebagai berikut :

  • Melindungi fungsi tanah dari kerusakan akibat dari faktor alami dan campur tanangan manusia.
  • Memperbaiki fungsi tanah yang telah mengalami kerusakan akibat dari faktor alami dan campur tangan manusia.
  • Memelihara sekaligus meningkatkan kemampuan tanah agar dapat berfungsi dan berguna secara lestasi.

Apa itu konservasi air….?

Pengertian konservasi dan jenis jenis konservasi

Konservasi air pada prinsipnya adalah penggunaan air yang jatuh ke tanah seefisien mungkin dan pengaturan waktu aliran yang tepat, sehingga tidak terjadi banjir yang merusak pada musim hujan dan terdapat cukup air pada musim kemarau. konservasi sumberdaya air adalah upaya memelihara keberadaan serta berkelanjutan, keadaan sifat dan fungsi
sumberdaya air, agar senantiasa tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan makhluk, baik dalam waktu sekarang maupun yang akan datang. Fungsinya adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan pemanfaatan dua komponen hidrologi, yaitu air permukaan dan air tanah.
  • Untuk meningkatkan efisiensi pemakaian air irogasi.

Nah gimana sudah pada pahamkan apa itu pengertian konservasi dan jenis – jenis konservasi..? Sudah donk. Oleh karena itu, yuk bantu admin untuk menyebarluaskan postingan ini ke banyak sobat – sobat lainnya, agar mereka juga mengetahui manfaat dari postingan ini. Sekian dan terima kasih.

Hallo sobat – sobat Solpahworld semua, kembali lagi bersama admin. Kali ini admin akan memberikan sedikit penjelasan mengenai 6 pertanyaan aneh HRD saat interview. Antara mau menjebak dan ngetes kok beda tipis ya. Hmmm ada – ada aja nih HRD masa wawancara kerja sampe keluarin pertanayaan aneh wkwkwk. Mungkin HRD ada maksud kali ya. Oleh karena itu yuk terus baca.

Pertanyaan Aneh #1

“Jika nanti kamu bekerja di perusahaan kami, kemudian kamu sibuk dengan pekerjaan yang sedang kamu lakukan, tiba – tiba pacar kamu minta jemput dari mall, sedangkan pekerjaan kamu belum selesai, dan bosmu sudah menunggu laporannya, kira – kira kamu mau bagaimana…?”.

HRD ingin melihat seberapa penting pekerjaan dan pacar dalam hidup sobat, apakah sobat bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik atau tidak.

Mau coba ikutan jawab ? Yuk jawab sama – sama pada kolom komentar dengan kasih #1

Pertanyaan Aneh #2

“Jika nanti kamu tidak keterima di perusahaan ini, apa rencanamu kedepan setelah tau bahwa kamu tidak lolos masuk kerja pada perusahaan kami..?”.

Pada kasus ini, HRD ingin melihat apakah sobat tipe orang yang sudah memiliki persiapan dan rencana kedepan atau tidak.

Mau coba ikutan jawab ? Yuk jawab sama – sama pada kolom komentar dengan kasih #2

BACA JUGA : KUMPULAN PERTANYAAN JEBAKAN SAAT INTERVIEW

Pertanyaan Aneh #3

“Kamu kan saan ini melamar sebagai posisi admin, kebetulan posisi tersebut sudah terisi dengan kandidat lain, jika kamu saya berikan posisi sebagai menejer perusahaan ini, kamu siap atau tidak….?”.

Pada kasus ini, HRD ingin melihat apakah sobat memiliki jiwa kepemimpinan, dan perusahaan ingin mengetahui apakah sobat memiliki rencana bekerja dengan posisi tersebut atau tidak.

Mau coba ikutan jawab ? Yuk jawab sama – sama pada kolom komentar dengan kasih #3

Pertanyaan Aneh #4

“Coba ceritakan isi lemari anda..?”.

Pertanyaan aneh ini memang bertujuan untuk melihat respon kandidat saat diberikan pertanyaan yang tidak sesuai dengan bayangannya. Selain itu, pertanyaan tentang lemari pakaian ini juga bisa menjadi gambaran HRD tentang kemampuan berbicara kandidat dengan lawan bicaranya.

Mau coba ikutan jawab ? Yuk jawab sama – sama pada kolom komentar dengan kasih #4

BACA JUGA : BONGKAR PERTANYAAN JEBAKAN SAAT INTERVIEW

Pertanyaan Aneh #5

“Buku apa yang terakhir anda baca..?”.

Pertanyaan ini memang tidak terlalu penting bagi kandidat pelamar. Namun, bagi pihak HRD, pertanyaan ini bisa menjadi gambaran apakah kandidat yang sedang wawancara memiliki kemampuan dan kesukaan dalam membaca yang baik atau tidak. Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa orang yang senang membaca memiliki tingkat empati yang lebih tingi.

Mau coba ikutan jawab ? Yuk jawab sama – sama pada kolom komentar dengan kasih #5

Pertanyaan Aneh #6

“Jika anda kami berikan modal untuk membangun bisnis, bisnis seperti apa yang akan kamu jalankan..?”.

Maksud dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apa yang menjadi passion terbesar kandidat tersebut. pertanyaan ini juga sering HRD gunakan untuk melihat tingkat kreativitas kandidat dan mengerti akan hal yang ingin mereka capai dalam hidup

Mau coba ikutan jawab ? Yuk jawab sama – sama pada kolom komentar dengan kasih #6.

Nah bagaimana sobat – sobat admin, sudah pada paham kan mengenai 6 pertanyaan aneh HRD saat interview ? Hmmm sudah pasti paham dong ya. Oleh karena itu, jangn lupa bantu admin untuk menyebarluaskan postingan ini ke banyak teman – teman lagi, supaya mereka juga tau manfaat postingan ini, dan juga jangan lupa untuk masukin komen teman – teman ya apa jawaban yang tepat untuk pertanyaan aneh di atas. Sekian dulu ya semoga bermanfaat dan terima kasih.